Kurikulum
Taman Bermain Kepompong

Program Pendidikan Taman Bermain Kepompong dirancang untuk mengembangkan potensi unik anak secara optimal di semua aspek perkembangan: sosial, emosional, moral, motorik, bahasa, kognitif, dan kreativitas. Dalam lingkungan yang kaya budaya dan berbahasa Indonesia, program ini bertujuan membantu anak untuk menjadi percaya diri, empati, kritis, termotivasi serta  siap menjadi warga dunia yang bertanggung jawab.  

KARAKTERISTIK Lulusan
TAMAN BERMAIN KEPOMPONG

Anak-anak yang  mengikuti program pendidikan  Kepompong diharapkan memiliki karakter dan kompetensi:

Empathic Collaborator

Memahami dan merespons perasaan orang lain dan bekerja sama secara efektif dalam kelompok.

Self-confident
& Motivated Learner

Percaya diri, mandiri dan memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Responsible Indonesian
& Global Citizen

Berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran sosial serta budaya.

Effective Communicator

Mendengar secara aktif dan lancar mengekspresikan diri secara verbal maupun non-verbal.

Imaginative & Expressive Creator

Mengeksplorasi imajinasi dan kreativitas dalam berbagai bentuk ekspresi.

Well-coordinated
& Healthy Leader

Koordinasi tubuh yang baik dan kebiasaan hidup sehat.

Competent & Critical Thinker (HOTS)

Berpikir kritis, logis, reflektif, serta mampu memecahkan masalah secara kreatif.

Metode Pembelajaran

Pembelajaran dilakukan melalui empat pendekatan utama:

Pendekatan Kurikulum

Untuk memastikan efektivitas pembelajaran, kurikulum ini menerapkan empat pendekatan:

Developmental Approach

Berbasis teori perkembangan anak, menyesuaikan metode pembelajaran dengan tahap tumbuh kembang anak.

Interactional Approach

Menggunakan interaksi sosial sebagai dasar untuk pengembangan aspek kepribadian, moral, sosial, emosional, komunikasi dan kognitif.

Differential Approach

Menyesuaikan pendekatan dan metode belajar dengan gaya belajar dan kecerdasan majemuk setiap anak yang unik.

Community-based Approach

Melibatkan orang tua, guru, dan komunitas untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan.